info@umsb.ac.id 0823 8497 0907

Dasar-Dasar Fotografi; Seni, Ilmu, dan Praktik Menghasilkan Gambar Yang Abadi

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Rabu,10 Juli 2024 08:58:00
Dibaca: 41 kali

Fotografi adalah seni, ilmu, dan praktik menghasilkan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya atau radiasi elektromagnetik lainnya, baik secara elektronik menggunakan sensor gambar atau secara kimiawi menggunakan bahan yang sensitif terhadap cahaya seperti film fotografi.

Proses ini melibatkan penggunaan kamera untuk menangkap cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan dari objek, sehingga membentuk gambar yang dapat disimpan, diproses, dan ditampilkan dalam berbagai format.

Ada beberapa jenis fotografi yang berbeda, termasuk namun tidak terbatas pada:

Fotografi Potret: Memotret orang untuk menangkap ekspresi, kepribadian, dan suasana hati.

Fotografi Lanskap: Memotret pemandangan alam, kota, atau area luas lainnya.

Fotografi Makro: Memotret objek kecil dari jarak sangat dekat sehingga detailnya sangat terlihat.

Fotografi Jurnalistik: Memotret peristiwa atau situasi untuk tujuan pelaporan berita.

Fotografi Mode: Memotret pakaian dan aksesori untuk keperluan komersial atau editorial.

Fotografi Alam Liar: Memotret hewan dan habitat mereka di alam liar.

Fotografi juga melibatkan berbagai teknik dan peralatan, termasuk pengaturan pencahayaan, komposisi, dan pemrosesan pasca-produksi untuk meningkatkan atau mengubah gambar yang diambil.

Fotografi sendiri memiliki berbagai tujuan yang bergantung pada konteks dan niat pengambil gambar. Beberapa tujuan utama dari fotografi meliputi:

Dokumentasi: Mengabadikan momen, peristiwa, atau keadaan tertentu untuk keperluan arsip atau sejarah. Fotografi dokumenter sering digunakan untuk mencatat kehidupan sehari-hari, peristiwa penting, atau perubahan sosial.

Komunikasi: Menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan, informasi, atau cerita. Fotografi jurnalistik, misalnya, berperan penting dalam pelaporan berita dan penyebaran informasi.

Ekspresi Seni: Fotografi sebagai medium untuk ekspresi kreatif dan artistik. Fotografer seni menggunakan kamera untuk menciptakan karya yang mengandung nilai estetika, interpretasi pribadi, dan inovasi visual.

Komersial: Mengambil gambar untuk tujuan pemasaran dan promosi. Fotografi produk, iklan, dan mode adalah contoh di mana gambar digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong penjualan.

Kenangan Pribadi: Mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan pribadi, seperti pernikahan, ulang tahun, dan liburan. Foto-foto ini sering disimpan dalam album keluarga dan dilihat kembali untuk mengenang masa lalu.

Edukasi dan Penelitian: Menggunakan fotografi sebagai alat bantu pengajaran dan penelitian. Dalam sains, fotografi digunakan untuk mendokumentasikan eksperimen, mengamati fenomena alam, atau menganalisis objek mikroskopis.

Pendidikan Visual: Menggunakan gambar untuk mengajarkan konsep, mempromosikan literasi visual, dan membantu orang memahami dunia melalui representasi visual.

Promosi Budaya dan Pariwisata: Mengambil gambar untuk mempromosikan destinasi wisata, budaya lokal, dan tradisi. Foto-foto ini sering digunakan dalam brosur wisata, majalah, dan situs web pariwisata.

Setiap tujuan ini memanfaatkan kekuatan visual dari fotografi untuk mencapai efek yang diinginkan, baik itu informatif, emosional, estetis, atau komersial.

Prinsip-prinsip dasar fotografi melibatkan berbagai elemen teknis dan estetis yang bekerja bersama untuk menghasilkan gambar yang baik. Berikut adalah beberapa prinsip utama dalam fotografi:

Pencahayaan: Cahaya adalah elemen paling penting dalam fotografi. Pemahaman tentang bagaimana cahaya berinteraksi dengan subjek, baik itu cahaya alami atau buatan, sangat penting untuk menciptakan gambar yang baik. Ini melibatkan pengaturan intensitas, arah, dan kualitas cahaya.

Komposisi: Komposisi mengacu pada penataan elemen-elemen dalam bingkai. Prinsip-prinsip komposisi meliputi:

Aturan Sepertiga: Membagi bingkai menjadi tiga bagian horizontal dan vertikal, dan menempatkan subjek atau elemen penting di persilangan garis-garis tersebut.

Keseimbangan: Menyeimbangkan elemen dalam gambar agar terlihat harmonis, baik itu simetris atau asimetris.

Garis: Menggunakan garis dalam gambar untuk memandu mata penonton atau menambahkan kedalaman.

Framing: Menggunakan elemen dalam gambar untuk membingkai subjek utama, menambah fokus dan konteks.

Fokus dan Kedalaman Lapangan: Fokus mengacu pada bagian gambar yang paling tajam. Kedalaman lapangan (depth of field) mengacu pada area dalam gambar yang terlihat tajam. Ini bisa dangkal (hanya sebagian kecil dari gambar yang tajam) atau dalam (sebagian besar gambar tajam), tergantung pada pengaturan aperture kamera.

Eksposur: Eksposur adalah jumlah cahaya yang mencapai sensor atau film kamera, yang mempengaruhi kecerahan gambar. Ini diatur oleh tiga elemen utama:

Aperture: Ukuran bukaan lensa, yang mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk dan kedalaman lapangan.

Shutter Speed: Kecepatan rana membuka dan menutup, yang mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk dan kemampuan untuk membekukan atau mengaburkan gerakan.

ISO: Sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya, yang mempengaruhi kecerahan dan kualitas gambar, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah.

Warna dan Kontras: Penggunaan warna dan kontras dalam fotografi membantu menambahkan daya tarik visual dan menyampaikan suasana. Pemahaman tentang teori warna dan bagaimana warna berinteraksi satu sama lain penting dalam menciptakan gambar yang menarik.

Perspektif dan Sudut Pandang: Perspektif mengacu pada bagaimana subjek dilihat dalam bingkai. Mengubah sudut pandang atau posisi kamera dapat menghasilkan efek yang berbeda dan menambahkan kedalaman serta dimensi pada gambar.

Tekstur dan Pola: Tekstur memberikan detail yang kaya dan dapat menambah kepekaan visual terhadap permukaan objek. Pola dapat digunakan untuk menarik perhatian atau menciptakan ritme visual dalam gambar.

Dengan menguasai prinsip-prinsip ini, seorang fotografer dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang bagaimana menangkap gambar yang tidak hanya teknis baik, tetapi juga estetis menarik.

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274