info@umsb.ac.id (0751) 482274

Bawaslu Sumatera Barat Adakan Kuliah Umum Pengawasan Pemilu Partisipatif Sekaligus Penandatangan MoU Dengan Dua Fakultas UM Sumbar

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Sabtu,26 Maret 2022 09:21:00
Dibaca: 121 kali
Ketua Bawaslu Sumatera Barat Surya Efitrimen, S.Pt., MH

HUMAS UM SUMBAR - Bertempat di Convention Hall Yunahar Ilyas Kampus III UM Sumbar, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Adakan Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan mengangkatkan kuliah umum bertema Pengawasan Pemilu Partisipatif sekaligus penandatanganan MoU dengan Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muammadiyah Sumatera Barat. Sabtu, 26 Maret 2022.

Hadir dalam kegiatan ini yakni ketua Bawaslu Sumatera Barat Surya Efitrimen, S.Pt., MH beserta jajaran dari Bawaslu Sumatera Barat, Rektor UM Sumbar yang diwakili oleh Wakil Rektor III Moch. Abdi, MM, Dekan Fakultas Hukum Dr. H. Wendra Yunaldi, MH, Dekan Fisipol yang diwakili oleh Ka- Prodi Ilmu Politik Didi Rahmadi, MA, Dosen dan Civitas Akademika UM Sumbar beserta mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Fisipol.

Wakil Rektor III UM Sumbar dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih karena telah mempercayakan UM Sumbar sebagai mitra dan partner dari Bawaslu. Sinergi yang dilaksanakan dengan  Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di UM Sumbar merupakan suatu hal yang monumental. MoU ini diharapkan menjadi langkah strategis dalam melakukan pengawasan terhadap pemilu yang dilaksanakan, kemudian kuliah umum ini juga dapat memberikan pengetahuan lebih dan dapat meningkatkan kemampuan terhadap Civitas Akademika UM Sumbar termasuk mahasiswa.

Besar harapan sinergi ini memberikan dampak yang baik terhadap pihak yang menandatangani terkhusus untuk mahasiswa karena mahasiswa merupakan calon penerus bangsa kedepannya. Semoga ada implementasi nyata dari MoU ini dalam berbagai aktifitas sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan dari para pihak terutama mahasiswa UM Sumbar.

Ketua panitia Drs. Andi Bastian, M. Si menyampaikan bahwa pengawasan pemilu ini merupakan sesuatu yang penting dilakukan agar pemilu yang dilaksanakan dapat menjadi pemilu yang berkualitas. Pemilu yang berkualitas merupakan keinginan luhur dari sebuah bangsa sehingga perlu adanya pengawasan yang ketat sehingga tujuan luhur ini dapat tercapai. Untuk mewujudkan hal tersebut maka Bawaslu perlu didukung oleh berbagai pihak termasuk dari Perguruan Tinggi. Melibatkan Perguruan Tinggi merupakan suatu hal ideal yang bisa dilaksanakan karena pada Perguruan Tinggi terdapat berbagai lintas generasi. Tujuan MoU ini juga sebagai sarana pembelajaran dan berbagi ilmu pengetahuan dengan Perguruan Tinggi terkait pelaksanaan pesta rakyat yang berada dibawah pengawasan Bawaslu ini.

Sejalan dengan itu ketua Bawaslu Sumatera Barat Surya Efitrimen, S.Pt., MH menyatakan bahwa keinginan menjadikan Perguruan Tinggi sebagai mitra strategis sudah lama dirancang, bahkan sejak Bawaslu ini terbentuk. Awalnya Bawaslu membentuk gerakan sejuta relawan untuk mengawal pemilu yang dilaksanakan di Indonesia dan saat sekarang Bawaslu juga membentuk Sekolah Kader Pengawas Partisipatif yang juga bisa diikuti oleh mahasiswa yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat daerah sampai pusat. sekolah kader pengawas partispatif ini dibiayai langsung oleh Bawaslu dan menghadirkan pemateri maupun narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Terimakasih untuk UM Sumbar yang sudah memfasilitasi kegiatan dari bawaslu ini. Kerjasama dengan Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat berjalan lancar dan bisa memberikan dampak positif terhadap kedua belah pihak. “Kami dari Bawaslu membuka pintu selebar-lebarnya jika ada dosen ataupun mahasiswa yang akan melaksanakan studi ataupun penelitian di Bawaslu terkait pemilu di Indonesia”, Tutup beliau.

-Ulya-

SHARE KE:

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274