info@umsb.ac.id (0751) 482274

Mandi Air Dingin Atau Air Hangat, Mana Yang Lebih Sehat?

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,10 Juni 2022 03:42:00
Dibaca: 60 kali
Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com

HUMAS UM SUMBAR - Mandi merupakan aktivitas membersihkan diri yang oleh sebagian orang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, kegiatan rutin ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meski memiliki banyak manfaat harus  kita ketahui jika mandi menggunakan air dengan suhu yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi tubuh. Seperti halnya mandi menggunakan air dingin dan air hangat, hal ini masih menjadi perdebatan panjang ditengah masyarakat, lebih sehat mana mandi menggunakan air dingin atau air hangat?

Liza Andriani, S.SiT., M.Keb., seorang pakar kesehatan dari Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat menerangkan, tipe air mandi yang baik untuk kesehatan itu ada dua, yaitu air dingin dan air hangat. Mandi menggunakan air dingin atau air hangat sama-sama menberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena memiliki perbedaan suhu, tentu khasiat dan manfaat yang diberikan kedua jenis air ini juga berbeda.

Kembali pada suhu tubuh yang menerima setiap manusia memilki suhu tubuh yang berbeda dengan rentang suhu normal yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia WHO 36,5 – 37,5 derajat celcius. Dengan suhu tubuh normal sebaiknya kita mandi menggunakan air dingin karena tubuh bisa menyesuaikan diri dengan kondisi air yang dingin mengecilkan pori-pori tubuh.

Sementara untuk suhu tubuh yang tinggi seperti saat demam, sebaiknya mandi menggunakan air hangat karena hal ini dapat membuka pori-pori tubuh. Suhu tubuh yang panas akan mengeluarkan uap dari pori-pori yang terbuka tersebut.

Manfaat Mandi Air Dingin
Mandi menggunakan air dingin dipagi hari sebelum memulai aktivitas atau saat udara panas  menjadi pilihan baik yang tentunya menyegarkan. Suhu air dingin yang ideal berkisar pada 21 derajat celsius, tidak dianjurkan mandi menggunakan air es atau menggunakan air dengan suhu lebih rendah dari itu.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Mandi menggunakan air dingin dapat membantu menguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh, karena pada saat itu tubuh memproduksi berbagai protein yang diperlukan oleh sistem imun untuk melawan berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit.

  2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
    Manfaat mandi air dingin yang tidak kalah penting, yakni membuat rambut menjadi lebih lembut dan bercahaya alami. Selain itu, membuat kulit tetap lembap dan kenyal.
  3. Menyegarkan Pikiran

    Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat kamu merasa segar dan terjaga. Hal ini karena suhu air yang dingin akan membuat otak memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang membantu pikiran kamu tetap waspada secara alami.
  1. Meredakan Depresi
    Pengidap depresi bisa mencoba mandi air dingin untuk meredakan gejala depresi yang dirasakan. Karena pada saat mandi air dingin membuat ujung saraf di permukaan kulit mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak. Hal ini dijadikan sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar. Otak juga bisa memproduksi hormon beta-endorfin yang bisa membuat kamu merasa lebih baik, itu sebabnya setelah mandi kamu akan merasa lebih ceria.

  2. Mempercepat Pemulihan Nyeri Otot dan Pegal Linu
    Selain 4 poin diatas mandi air dingin juga bermanfaat dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat.Misalnya, setelah melakukan olahraga berat beberapa hari kemudian kamu akan merasakan pegal dan nyeri disekujur tubuh. Rasa pegal dan nyeri ini dapat dikurangi dengan mandi air dingin dikarenakan air dingin memiliki sifat regeneratif yang membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

Manfaat Mandi Air Hangat
Jika ingin mandi menggunakan air hangat kita perlu memperhatikan suhu air yang dipakai, sebaiknya suhu air tidak lebih tinggi dari 44 derajat celsius. Selain itu kita dihimbau untuk tidak mandi terlalu lama bila air disuhu tersebut. Sebaiknya mandi dalam waktu singkat, selama 5 - 10 menit saja. Waktu tersebut sudah bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berikut manfaat mandi air hangat yang perlu diketahui.

  1. Melancarkan Peredaran Darah
    Mandi air hangat dapat melancarkan sistem peredaran darah. Apalagi bila dilakukan di bawah pancuran dengan tekanan air yang stabil. Berdiri di bawah pancuran selama lima menit juga membantu memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.

  2. Melemaskan Otot-Otot Yang Tegang, Kaku, Dan Nyeri
    Ketika mandi dengan menggunakan air hangat, kamu bisa menggerak-gerakkan anggota tubuh seperti leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang terasa kaku. Bisa juga sambil memijat ringan tubuh, bila memiliki pancuran, berdiri di bawahnya selama kira-kira sepuluh menit. Tekanan air dari pancuran bisa dijadikan sebagai pemijat alami yang membantu meredakan otot yang sedang nyeri dan kaku.

  3. Mencegah Insomnia Dan Gangguan Tidur
    Bagi kamu penderita insomnia atau memiliki gangguan tidur tertentu, disarankan untuk mandi air hangat sebelum tidur. Hal ini bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan tidur lebih berkualitas.

  4. Mengurangi Stres Dan Cemas
    Mandi air hangat juga bermanfaat dalam membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertugas membuat perasaan kamu lebih senang dan positif.

Dari penjelasan pakar kesehatan tersebut sudah jelas bahwa baik tidaknya mandi mengunakan air dingin atau air hangat itu diserahkan pada diri kita masing-masing, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kita.

(*)

SHARE KE:

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274