info@umsb.ac.id (0751) 482274

Kembangkan Budaya Minang, LKUI UM Sumatera Barat Gelar Kegiatan VR2ISEP

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Senin,20 Juni 2022 09:46:00
Dibaca: 37 kali

HUMAS UM SUMBAR – Sebagai seorang pemuda penerus estafet perjuangan bangsa kita dihimbau agar tidak hanya diam mengurung diri atau tetap berada diposisi nyaman, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat masih muda.

Contohnya dengan menambah wawasan baik itu dalam segi bahasa, teknologi maupun budaya, banyak peluang yang dapat diikuti. Seperti halnya yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat dengan mengadakan VR2ISEP ( Virtual Ranah Rantau International Student Exchange Program).

VR2ISEP merupakan program LKUI (Lembaga Kerja Sama Urusan International) UM Sumatera Barat bekerja sama dengan muslim Amerika dan Australia yang memiliki keinginan agar pemuda Amerika dan Australia belajar budaya Minang dan begitu pula sebaliknya. Program ini baru pertama kali dilaksanakan oleh UM Sumatera Barat, namun dengan niat ikhlas dan tulus serta penuh semangat alhamdulillah tidak ditemui kendala dalam persiapan maupun saat acara berlangsung.

“Karena ini acara perdana, kami semua sangat-sangat excited untuk mengadakan acara ini, semua pihak saling bekerjasama baik dari UPT Pusat Pengembangan Bahasa, UPT Pusat Prestasi Mahasiswa yang diajak kolaborasi oleh LKUI UM Sumatera Barat”

Alhamdulillah tidak ada kendala sama sekali karna Rektor sangat mendukung kegiatan ini, Ucap Mezia Kemala Sari, MA yang menjabat sebagai Kepala UPT Puspresma UM Sumatera Barat sekaligus salah satu instruktur Bahasa Inggris di VR2ISEP, Sabtu (18/6).

Pembukaan serta seleksi tahap awal dilaksanakan pada hari selasa, 7 Juni 2022 di Kampus III UM Sumatera Barat, Bukittinggi. Proses persiapan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan, mulai dari mempersiapkan program – program penyusunan ide kegiatan, rekrutmen peserta hingga terpilihnya peserta sesuai kuota yang dibutuhkan sebanyak lima belas orang.

Program ini dibuka pada hari Selasa 7 Juni 2022 di Kampus III UM Sumatera Barat,Bukittinggi. Awalnya kegiatan ini diikuti sebanyak 55 orang. Setelah seleksi tahap awal mkenyisakan sebanyak 25 orang.

Pada tanggal 16 – 18 Juni 2022 diadakan English Camp di Kampus I UM Sumatera Barat yang beralamat di Jalan Pasir Jambak No.4, Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, dengan tujuan agar calon peserta VR2ISEP lebih Fasih dalam Bahasa Inggris dan menambah wawasan mengenai Budaya Minangkabau.

“Di dunia ini tidak melulu persoalan yang pintar yang menguasai dunia, akan ada selalu faktor LUCK dari Allah SWT, Jadi jangan pernah rendahkan dirimu, Ikuti apapun itu yang bisa mengupgrade kualitas diri mumpung masih muda”, lanjutnya.

Ia juga menambahkan, “Semoga kegiatan ini dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa siapapun untuk membuka dan menggali potensi dirinya. UM Sumatera Barat sangat menyayangi mahasiswanya, dalam belajar ikuti lah cara apa yang disukai atau nyamannya dengan cara apa, sehingga belajar tidak terasa membosankan”, lanjutnya diakhir pembicaraan.

Dilain pihak, Abel salah seorang peserta dari Fakultas Parawisata juga merasakan dampak positif melalui kegiatan ini, “Saya sangat menikmati kegiatan ini karena sesuai dengan Passion saya di Bahasa Inggris ini, tidak hanya itu saya juga mendapat tambahan wawasan dan relasi baru”, ucapnya.

(Rahmi)

SHARE KE:

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274